9 Cara agar Disukai Orang Lain, Bisa Dipraktikkan Nih!

  • Whatsapp


Kita semua memiliki tingkat keterampilan sosial yang berbeda. Beberapa orang secara alami karismatik dan mudah disayangi orang lain. Yang lain mungkin ramah tetapi canggung secara sosial dan sisanya mungkin pemalu atau tertutup. Mereka menganggap interaksi sosial tertentu terlalu melelahkan. Setiap kepribadian ini biasanya mendapat respons yang berbeda-beda. Namun, kita pasti selalu mencari cara agar disukai orang lain.

Artikel terkait: 17 Tahun Jadi Psikolog, Ayank Irma Dirikan ‘Ruang Tumbuh’ Klinik yang Bantu Setiap Individu Bertumbuh

Akan tetapi, apabila dilihat lebih jauh, kepribadian kita pada dasarnya tidak sepenuhnya tergantung pada kita. Itu tergantung pada konteks, peran dan fungsi kita dalam kelompok, orang-orang di sekitar kita, seberapa banyak kesamaan kita dengan mereka, bias yang terjadi, dan berbagai faktor lainnya. Beberapa orang mungkin tidak pernah bersikap hangat kepada kita, tidak peduli seberapa menyenangkan kita. Meski demikian, dilansir dari Psychology Today, sebenarnya ada beberapa cara agar disukai orang lain meskipun dalam kondisi tersebut. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Jadilah pendengar yang lebih baik

9 Cara agar Disukai Orang Lain, Ternyata Tak Sulit untuk Dilakukan Lho!
Orang-orang suka didengarkan dan tidak ada jalan pintas di sini. Untuk menjadi pendengar yang baik, Anda harus benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain, alih-alih menceritakan kisah hebat yang ingin Anda sampaikan saat mereka selesai berbicara. Anda juga harus menemukan cara untuk menyampaikan bahwa Anda memperhatikan setiap kata yang dilontarkan lawan bicara Anda. Beberapa gerak tubuh, seperti menganggukkan kepala, melontarkan gumaman “oh”, dan “ah”, bisa sangat membantu lawan bicara merasa didengarkan.

2. Beri dukungan terhadap orang lain

Mungkin tampak keren untuk meremehkan keluhan kecil ketika seseorang mengungkapkan keluhan seperti, “Saya harus bekerja sepanjang akhir pekan.” Namun, Anda ingat bahwa sebenarnya mereka datang kepada Anda untuk mendapatkan validasi. Jika seseorang memberi tahu Anda tentang sesuatu yang mereka capai, berikan ucapan selamat yang tulus. Jika seseorang memberi tahu Anda tentang sesuatu yang mengecewakan, berikan simpati yang tulus. Jika seseorang memberi tahu Anda tentang pengalaman yang luar biasa, ikutlah berbahagia dengan apa yang dialami.

3. Tanyakan tindak lanjut

cara agar disukai

Ini adalah kesempatan yang kebanyakan orang lewatkan. Jika seseorang memberi tahu Anda bahwa mereka akan menghadapi ujian, tanyakan bagaimana hasilnya. Jika Anda tahu mereka pergi berlibur, tanyakan bagaimana keadaannya. Jika mereka menyebutkan bahwa anak mereka sakit, tanyakan bagaimana perasaan anak mereka. Hal ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli terhadap orang tersebut. Mereka pun akan merasa dipedulikan.

4. Temukan kesamaan

Orang-orang terhubung dengan orang lain yang mirip dengan mereka atau yang memiliki minat dan pendapat yang sama. Jadi ketika bertemu orang yang tidak Anda kenal baik atau baru pertama kali bertemu, cobalah untuk menemukan kesamaan minat, hobi, pendapat, selera film, buku , pertunjukan, musik atau mode, tujuan liburan, atau apa pun yang dapat menciptakan jaringan ikat di antara Anda.

Artikel terkait: Tenang Lapang, Konsultasi Psikologi Gratis bagi yang Sudah Terlalu Lelah Hadapi Pandemi

5. Gunakan bahasa tubuh

cara disukai orang lain

Tawarkan jabat tangan yang kuat, lakukan kontak mata, tersenyum, berdiri, atau duduk dengan postur terbuka (misalnya, lengan ke samping daripada dilipat di dada) dan, seperti yang disebutkan sebelumnya, mengangguk ketika seseorang berbicara untuk menunjukkan bahwa Anda mendengarkan mereka. Kita cenderung lebih memperhatikan bahasa tubuh seseorang secara tidak sadar daripada secara sadar, tetapi kita mencatatnya dan itu menambah kesan kita tentang kesukaan seseorang.

6. Singkirkan ponsel Anda

Sungguh, taruh saja ponsel di saku atau tas Anda ketika Anda sedang berbicara dengan orang-orang. Jika Anda berada di sebuah kafe, setidaknya balikkan ponsel Anda. Mencuri pandang ke ponsel Anda — yang sangat sulit untuk tidak dilakukan saat berada tepat di samping Anda atau di tangan Anda — menandakan bahwa Anda tidak sepenuhnya mendengarkan atau bahwa Anda terganggu dan tidak tertarik. Keduanya tidak akan disukai Anda ke orang lain. Jadi, meskipun ponsel Anda mati, simpan ponsel Anda dan sepenuhnya hadir untuk orang tersebut.

7. Jangan mengeluh berlebihan

cara disukai orang lain

Keluhan memiliki fungsi sosial, karena mengutarakan keluhan dapat menjadi cara untuk menemukan kesamaan. Namun, di kala satu (atau dua) keluhan dapat menawarkan potensi kesamaan, membumbui dialog kita dengan serangkaian keluhan dan bersikap terlalu negatif adalah hal yang tidak menyenangkan. 

Jika kita ingin terlihat lebih disukai, kita perlu berusaha menampilkan pandangan yang agak lebih positif bahkan jika suasana hati kita pada saat itu suram. Keseimbangan di sini harus positif, tetapi tetap otentik. Coba diskusikan hal-hal yang dapat membuat Anda terdengar positif bahkan di saat suasana hati yang buruk.

8. Jangan mendominasi pembicaraan

Anda mungkin pendongeng yang hebat dan pembicara yang menarik, tetapi orang lain juga menginginkan untuk berbicara dan mendapat panggung. Jadi perhatikan seberapa banyak (waktu) Anda berbicara dibandingkan dengan orang lain dalam percakapan. Orang-orang memperhatikan ketidakseimbangan ini dan menganggapnya tidak baik, betapapun mereka tampaknya menikmati cerita Anda pada saat itu.

Artikel terkait: Viral Perempuan Dibungkus Kain, Psikolog:”Itu Gangguan Parafilia”

9. Usahakan ada ketidaksepakatan sesedikit mungkin

Pada dasarnya, orang-orang suka ketika orang lain setuju dengan mereka. Jadi jangan menekankan area ketidaksepakatan kecuali masalah itu benar-benar penting bagi Anda. Pun ketika mengutarakannya, Anda bisa melakukannya dengan cara ringan, tanpa perlu adanya ketegangan yang terjadi secara berlebihan.

***

Demikian beberapa cara agar disukai orang lain yang dapat Anda lakukan. Meskipun dalam hidup ini, kita tidak akan disukai oleh semua orang, setidaknya kita bisa mengusahakan beberapa cara tersebut agar tidak ada konflik atau ketegangan di antara keduanya.

Baca juga: 

id.theasianparent.com/konflik-rumah-tangga

id.theasianparent.com/mengasah-kemampuan-belajar-progresif

id.theasianparent.com/merasa-bahagia

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *